Wednesday, May 17

Pagi Magis di Tebing Keraton

Wednesday, May 17
Sudah lama sekali melihat postingan foto dengan pose orang yang berdiri atau duduk di ujung bebatuan sebuah tebing berseliweran di Instagram, dengan Tebing Keraton tertulis di tag location-nya. Dan didorong oleh rasa penasaran dan keinginan untuk meng-upload pose yang sama di Instagram –(EAAAA! #CETEK), maka berangkat kesini mari kita kemon.

Nah, Tebing Keraton itu ada di Bandung, di sekitar Dago Atas. Ya, gak terlalu jauhlah bagi mereka-mereka yang mungkin sudah bosan dengan hiruk pikuk ibukota, ingin menikmati indahnya pemandangan hijau di akhir pekan. Semacam short weekend gateway


Merinding disko gak ngelihatnya? Kalo saya sih iyes, gak tau deh kalo Dhani sama Bebi. *suara Anang* Nah, kalo mau lihat pemandangan magis kayak gitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pas datang ke Tebing Keraton:

1. Harus datang pagi-pagi banget, bukan pagi-pagi aja.

Ini kunci utamanya. Kalo mau lihat pemandangan kayak gitu di Tebing Keraton harus udah sampai disana sebelum jam 7 pagi. Bisa lihat langit masih berwarna jingga, matahari terbit dan kabut yang menyerupai awan. Bukan berarti setelah jam 7 pagi pemandangan di Tebing Keraton udah gak bagus –masih bisa lihat pemandangan hijau dari bukit-bukit dan pohon pinus. Tapi sih ya, kalo menurut saya, pemandangan magis di pagi harinya yang juara. 


2. Nginep di sekitar Dago aja.

Nah, karena tadi yang udah di bilang sebelumnya kalo lebih baik datang ke Tebing Keraton pagi-pagi, makanya kalo saya saranin sih kalo mau ke Bandung dan pengen ke Tebing Keraton mending nginep di sekitaran Dago aja. Ya, nginep di tempat lain juga gapapa sih, tapi yakin bisa bangun pagi-pagi subuh?

Kalo nginep di sekitaran Dago kan, minimal bisa bangun jam setengah enam, gak usah pake mandi, cuci muka sama sikat gigi terus langsung berangkat ke Tebing Keraton. *kemudian dilempar gayung* Etapi beneran, mandinya nanti aja kalo udah pulang dari Tebing Keraton. *beneran diguyur*

Kalo soal penginapan, di sekitar Dago ada beberapa pilihan kok, mulai dari penginapan murah sampai yang mahal. Tinggal disesuaikan sama kantong aja. Kalo kemaren, kebetulan saya nginepnya di Penginapan Puri Tomat. Jaraknya gak terlalu jauh dari Terminal Bus Dago. Termasuk murah pun, sekitar 300-350ribu-an semalam. Berhubung perginya rame-rame jadi kan bisa patungan. Lumayan lah, daripada lumanyun. #jokelawas



 3. Terus gimana caranya ke Tebing Keraton?

Jadi, pertama-tama sih ya harus tau lokasinya Tebing Keraton ini dulu. *sodorin Google maps* Enggak deng, jadi Tebing Keraton ini ada di sekitaran Dago Atas, di daerah Hutan Raya Juanda. Pokoknya mah, dari terminal bus Dago, masih naik ke atas lagi sekitar setengah jam.

Terus gimana cara paling gampang ke sana? Ya kalo yang punya kendaraan sih enak. Bisa langsung nyampe. Nah kalo yang gak punya kendaraan? Gak ada angkot yang lewatin Tebing Keraton loh. Tapi jangan sedih, kan masih ada Kang Ojek. 

Yang pasti sih, kalian harus naik angkot menuju terminal bus Dago dulu. Karena kalo naik angkot ke terminal kampung rambutan, itu mah namanya kalian balik ke Jakarta. *dilindes angkot*

Nah, tadi makanya saya bilang nginepnya di sekitar Dago aja, biar gampang. Ada angkot macam mikrolet warna hijau gitu yang lewat di depan penginapan, jaraknya pun cuma sekitar 5-10 menit udah nyampe. Terus dari terminal Dago naik apa, kan gak ada angkot ke Tebing Keraton? Udah paling gampang naik ojek aja. Perjalanan sekitar 20 menit, langsung nyampe. Biayanya sekitar 60-100 ribu, tapi itu udah pulang-pergi ya bukan sekali jalan. Ditungguin pula sama abang ojeknya nanti. Jadi gak perlu khawatir pulangnya gimana. Ya, pinter-pinter nawar aja lah.

4. Terus di Tebing Keraton itu suasananya gimana?

Yang pasti sih, sebelum masuk ke area Tebing Keraton, bayar tiket masuknya dulu. Tapi gak mahal kok, kecuali kalo kamu turis asing ya, harganya beda jauh. Masih enggak ngerti kenapa bedanya tiket masuk untuk turis lokal dan asing bisa jauh banget gitu. 

Dan begitu masuk ke area Tebing Keraton, jangan harapkan tempat yang sepi, sunyi dan sendiri. Ingat, ini Tebing Keraton, bukan hati kamu. *kemudian ditombak*

Masih pagi-pagi banget aja, tempatnya udah ramai sama orang yang berfoto disana-sini. Tau batu yang hits di ujung tebing itu kan? Jangan harap bisa berlama-lama duduk disitu, karena harus bergantian dengan yang lain untuk mengabadikan moment (baca: cari pose yang pas untuk dimasukin di Instagram). Oh iya, hati-hati pas ambil foto, gak usah becanda-becanda yang gak jelas. Atau gaya-gayaan sok-sokan ambil foto yang extreme. Bro, tebingnya tinggi banget, bro.

Tapi kalo boleh saran sih, selain berfoto, coba luangkan waktu sejenak buat duduk diam di sekitar situ. Nikmatin moment. Pandangin aja langit jingga yang pelan-pelan berubah jadi biru atau awan kabut yang perlahan hilang berganti pemandan pohon pinus. Kalo kata boyband-boyband Korea itu mah, “WOW, FANTASTIC BABY!”

Terlepas dari ketenarannya di Instagaram, kalian memang harus datang kesini, menyaksikan sendiri magisnya tempat ini. 



 Pada pengen punya foto kayak juga gini kan? Hayoo~ 
 

No comments:

DRIVO JANSEN © 2014